Cara Menambah Kapasitas RAM Dengan Flashdisk

Artikel ini merupakan tips dan tutorial cara menambah kapasitas RAM dengan flahsdisk. Secara umum Random Access Memory (RAM), merupakan bagian memory yang bisa digunakan oleh user untuk menyimpan program dan data. Nah masalah akan timbul ketika data yang disimpan dan data yang di akses sudah tidak berimbang dengan kapasitas RAM atau memory itu sendiri. Biasanya yang terjadi, kinerja komputer akan lamban, solusinya terpaksa kita harus meng-upgrade Memory atau RAM dengan kapasitas yang lebih tinggi.

Untuk teman-teman yang tidak ingin repot-repot membeli dan meng-upgrade memory/RAM komputer atau laptop, ada sebuah solusi jitu yang sangat ampuh untuk cara menambah kapasitas RAM dengan flahsdisk terutama pada sistem operasi Windows Vista dan XP.

Dalam windows vista yang di kenal sangat berat karena banyak menggunakan memory, Microsoft memasukan aplikasi yang dinamakan Readyboost. Aplikasi ini adalah aplikasi yg sengaja di tanam oleh pihak microsoft untuk meningkatkan performa dari windows vista sendiri, karena untuk menjalankan windows vista diperlukan banyak memory. Fungsi dari readyboost itu sendiri adalah, menambah kapasitas memory/ram dengan menggunakan UFD/flash disk. Disarankan menggunakan UFD yg besar kapasitasnya minimal 2 kali besar memory internal dari komp/NoteBook.

Instalasi pada Windows VISTA:

Klik kanan pada directory UFD anda, dan pilih properties –> readyboost –> use the device–> atur spaca yang diingingkan, disarankan full/maksimal –> selesai.

Cuma yg perlu di perhatikan, tidak semua UFD yg mendukung aplikasi readyboost, sebaiknya ditannyakan dulu sama penjual UFD-nya, apakah sudah support readyboost atau belum.

Instalasi pada Windows XP:

Untuk pengguna XP, kita harus menggunakan aplikasi tambahan karena kalo di XP belum ada aplikasi ready boost. Salah satu softwarenya yang bisa menggantikan fungsi readyboost pada Vista adalah Eboostr.

Nah apa aja kehebatan dari software ini, ini beberapa kutipan dari publishernya :

1. Memory caching (if you have plenty of RAM installed)
2. Exclude list (the most requested feature)
3. Power saving mode
4. More than 4GB cache file size (on NTFS file system only)
5. One flash drive use on different computers
6. Unlimited number of files in cache
7. Build cache process improvement (including initial statistics used from XP prefetch information)
8. Load balancing mechanism improvements
9. And many small fixes and enhancements
10. And finally 16 new languages added: Portuguese, Ukrainian, Finnish, Czech, Danish, Hungarian, Bulgarian, Polish, Korean, Swedish, Sinhalese, Lithuanian, Arabic, Belarusian, Japanese and Thai.

Klik kanan di icon MyComputer, terus pilih properties –> advance –> setting pada performance –> advance –> change –>pilih set –>pilih directory ufd/nama ufd –>pilih no paging file –>sett –> finish –> restart komputer.

Lalu install Eboostr, yang belum punya download di http://www.mediafire.com/?n3dkmyj0m32#1

Jalankan —> pilih add —> pilih flashdisknya –> sett full pada “select the cache size (terserah mau full atau tidak –> OK –> Build Cache —> Finish. Restart komputer dan rasakan bedanya…

Cara menginstall eboostr versi 4.

1. klik eBoostr4_final_b554.exe untuk menginstal, lalu lanjutkan dengan setingan default aja (next sampe selesai).

2. jika perintah restart muncul abadikan saja(jangan restart dulu).

3. matikan proses eBoostrCP.exe dari task manager, lalu copy file eBoostrCP.exe ke C:\Program Files\eBoostr

4. Beres, tinggal restart dan full.

Categories: Share

Leave a Reply